Cara Menghitung Biaya Pembersihan Lapangan dan Peralatan

0
(0)

Sebelum memulai proyek apapun, sebelum membangun apapun maka wajib ada proses pembersihan lapangan dan peralatan. Pekerjaan pembersihan ini terkadang terdengar sepele bila ditujukan untuk proyek skala kecil, namun akan sangat berat jika proyek memiliki lahan yang luas seperti proyek agrowisata atau resort.

Pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan terbagi menjadi kegiatan membersihkan lapangan atau lokasi proyek dan pembersihan peralatan proyek terutama alat-alat berat yang akan digunakan. Dalam standar perhitungn analisa keduanya dinyatakan dalam satuan meter persegi (m2). Lokasi proyek harus bebas dari pengotor yang dapat mengganggu jalannya pembangunan, seperti adanya sampah bekas bongkaran di lapangan, adanya sampah plastik dan sebagainya.

Cara Menghitung Biaya Pembersihan Lapangan dan Peralatan

Berapa biaya pembersihan lapangan dan peralatan ? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang ketika membangun dalam skala yang cukup besar. Sebelum kita menuju rumus menghitung biaya pembersihan lapangan dan peralatan, ada baiknya kita memahami dengan baik komponen-komponen dan material yang masuk ke dalam perhitungan biaya RAB. Dalam kasus ini saya mengambil contoh sebuah proyek penataan kawasan agrowisata.

Peralatan pekerjaan pembersihan lapangan

Dalam pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan tentu tidak ada material yang dibutuhkan karena outputnya adalah lokasi proyek yang bersih dan terbebas dari pengotor yang menghambat jalannya proyek. Untuk itu peralatan yang dibutuhkan biasanya berupa :
– Sapu
– Serok
– Pemotong Rumput
– Sekop
– Cangkul
– Excavator
– dll. (sesuai dengan keperluan)

**Catatan : dalam beberapa kasus kegiatan pembersihan lapangan dan peralatan melibatkan alat berat seperti Excavator.

Ongkos pengerjaan (ongkos tukang)

Ongkos pengerjaan pembersihan lapangan dan peralatan harus dicatat dan masuk dalam perhitungan biaya RAB bangunan. Dalam pekerjaan ini ada beberapa jenis tukang/tenaga yang terlibat yaitu:
– Pekerja
– Mandor

**Catatan : Komponen mandor mungkin bisa dihilangkan apabila dilakukan dalam skala kecil karena pekerjaan pembersihan dianggap cukup mudah dikerjakan.

Baca juga : Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Beton Bertulang

Cara menghitung volume pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan

Volume pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan dalam RAB dihitung berdasarkan meter persegi luas lahan yang dibersihkan. Cara mudah mencari volume pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan adalah dengan mengalikan panjang dan lebar lahan atau dengan melihat statistik luas lahan yang akan digarap untuk proyek.

Luas Lahan = Panjang Lahan x Lebar Lahan

Rumus biaya pembersihan lapangan dan peralatan

Jadi, untuk mengetahui kebutuhan biaya pekerjaan pembersihan ini, tinggal menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m2 pembersihan lapangan dan peralatan membutuhkan rincian bahan, tukang dan biayanya dijelaskan pada analisa pekerjaan berikut (SNI 03-2835-2002) :

1 M2 MEMBERSIHKAN LAPANGAN DAN   PERALATAN
NO.URAIANSATUANKOEFISIENHARGA SATUANJUMLAH HARGA
A.TENAGA
PekerjaOH0,1000      95.000,00   9.500,00
MandorOH0,0050   130.000,00      650,00
JUMLAH TENAGA   KERJA   10.150,00
B.BAHAN
JUMLAH HARGA BAHAN   –
C.PERALATAN
JUMLAH HARGA ALAT
D.Jumlah (A + B + C)   10.150,00
E.Overhead &   Profit10% x D   1.015,00
F.Jumlah (D+E)   11.165,00

**Catatan : Jika menggunakan smartphone, putar layar untuk melihat tabel secara penuh. Harga material dan ongkos tukang yang tercantum dalam tabel yang digunakan mengacu pada harga yang ada saat artikel ini disusun, harga mungkin berubah seiring waktu.

Berdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat bahwa harga pembersihan lapangan dan peralatan per meter persegi adalah sebesar Rp  11.165,00 / m2

Contoh perhitungan pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan

Untuk sahabat yang ingin tahu bagaimana cara menghitung biaya pembersihan lapangan dan peralatan, maka kami berikan contoh lengkapnya mengenai kasus menghitung volume dan RAB pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan pada proyek Agrowisata yang memiliki lahan seluas 10 are yang akan dibersihkan tanpa menggunakan alat berat.

Baca juga : Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank

Berdasarkan data di atas, kita bisa mengetahui luas lahan yang akan dibersihkan adalah 10 are, maka kita tinggal konversikan satuan are ke meter persegi.

1 are = 10 m2
10 are = 10 x 10 m2 = 100 m2

Setelah didapatkan volume pekerjaannya maka selanjutnya adalah mengalikan luas area pekerjaan dengan harga per meter perseginya (sesuai tabel di atas), maka total biaya pembersihan lapangan dan peralatan yang diperlukan adalah :

Biaya = Luas lahan x harga per meter
Biaya = 100 m2 x Rp 11.165,00 / m2
Biaya = 1.116.500,00 atau dibulatkan menjadi Rp 1.120.000,00

**Catatan : Jangan lupa untuk menyisakan dana sekitar 5% dari harga perhitungan di atas untuk berjaga-jaga karena standar harga bahan dan ongkos tukang yang digunakan bisa saja naik seiring waktu.

Pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan meskipun nominal per meternya dianggap kecil namun tetap tidak boleh dilupakan begitu saja dalam RAB, terutama utuk penataan kawasan yang luasnya bisa berhektar-hektar sehingga nilai pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan juga akan menjadi mahal.

Demikianlah mengenai cara menghitung biaya pembersihan lapangan dan peralatan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Meskipun pekerjaan pembersihan ini sejatinya bukan pekerjaan utama dalam proyek, namun ini sangat penting dalam tahap awal proyek.

Source link

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.