Bagan Diet yang Tepat Untuk Tubuh Sehat

0
(0)

denahrumah.id

bagan diet yang tepat untuk tubuh yang sehat

bagan diet yang tepat untuk tubuh yang sehat – Banyak orang membayangkan bahwa diet adalah contoh makan dengan mengurangi bagian dan jenis makanan. Namun pada rencana nutrisi yang cermat lebih dari dua fokus ini. Lihatlah pendekatan terbaik untuk menghitung kalori untuk membantu Anda menjadi lebih kurus.

bagan diet yang tepat untuk tubuh yang sehat

bagan diet yang tepat untuk tubuh yang sehat

Pola makan padat sebenarnya tidak sesederhana kedengarannya. Salah satu teknik benar-benar bisa menjadi bumerang untuk berat badan. Itu sebabnya, cara makan padat yang rutin membutuhkan aturan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Berikut ajudannya.

1. Memastikan kebutuhan kalori

Sebelum merencanakan menu makanan, pendekatan yang paling tepat untuk memulai pola makan yang sehat adalah dengan mengenali kebutuhan kalori. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda tergantung pada komponen yang berbeda, seperti usia hingga penyakit.

Misalnya, individu yang kekar akan memiliki kebutuhan kalori yang tidak terduga dibandingkan dengan individu padat yang ingin menjadi bugar.

Dengan mendapatkan jumlah kalori yang tepat dari makanan dan minuman, tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan. Dengan demikian, kapasitas tubuh akan berjalan normal, mulai dari deduksi, menyedot darah, hingga relaksasi.

Jadi, sebelum merencanakan pola makan untuk menjaga berat badan, bedakan dulu kebutuhan kalorinya agar tubuh tetap bekerja dengan baik.

2. Kelola segmen pesta

Selain kebutuhan kalori, pola makan sehat lainnya yang perlu diperhatikan adalah mengatur porsi makan.

Saat merencanakan nutrisi dengan hati-hati, bukan berarti Anda harus menjauhi berbagai jenis makanan. Pasalnya, berbagai macam makanan masih dibutuhkan oleh tubuh, hanya saja Anda perlu mengolahnya dengan tepat.

Di dunia yang sempurna, Anda dapat mengisolasi pelat menjadi 4 bagian yang terdiri dari:

  • seperempat untuk sumber daging atau protein,
  • seperempat untuk pati, dan
  • selebihnya sayuran hijau dan cantik.

Umumnya, Anda perlu mengganti porsi makan malam dengan standar makanan yang disesuaikan. Ingatlah untuk menjauhkan diri dari sumber makanan berminyak atau tinggi gula saat makan malam agar Anda tidak menambah berat badan.

3. Buat rencana makan malam biasa

Banyak orang percaya bahwa melewatkan makan malam dapat membantu Anda menjadi lebih bugar dengan cepat. Sejujurnya, ini tidak akurat. Setiap pesta penting sebagai cara menjalani rutinitas makan yang sehat.

Melewatkan makan malam benar-benar menyebabkan tubuh cepat merasa lapar, glukosa bervariasi secara radikal, dan stres.

Dengan asumsi Anda perlu mengurangi porsi makanan, Anda dapat memisahkan 3 makan malam besar menjadi 6 makan malam sepanjang hari dengan sedikit partisi. Kuncinya, Anda sebenarnya perlu menjauhi sumber makanan tinggi lemak dan berlemak.

Demikian juga, pastikan untuk tidak melewatkan sarapan dengan makanan sumber protein dan serat yang tinggi. Hal ini agar tubuh terasa lebih kenyang hingga menjelang siang.

4. Makan secara bertahap

Makan secara bertahap menjadi penting untuk metode yang aman untuk memiliki pola makan yang sehat. Teknik ini kadang-kadang menyebabkan Anda merasa kenyang lebih cepat.

Mengirimkan Harvard Health, para ahli melaporkan bahwa perut yang kenyang penting untuk faktor pemenuhan makan seseorang setelah makan.

Faktor rasa kenyang ini juga dipicu oleh pikiran. Pasalnya, otak juga membutuhkan serangkaian gejala dari bahan kimia terkait lambung yang dikeluarkan oleh sistem usus.

Untuk sementara, makan terlalu cepat tidak memberikan kesempatan yang cukup bagi tubuh untuk menyampaikan pesan hormonal ini. Dengan demikian, Anda mungkin akan terus makan dengan alasan perut tidak kenyang.

5. Makanlah sampai Anda tidak merasa lapar

Dengan asumsi Anda membutuhkan rencana sehat yang bermanfaat, cobalah makan sampai Anda tidak merasa lapar.

Tips rutin makan sehat ini bertujuan agar tubuh tidak memiliki energi berlebih yang akan dibuang sebagai lemak. Dengan demikian, beratnya kembali naik. Jadi, mulailah memperhatikan sensasi nafsu makan dan makan ketika dorongan yang sebenarnya ini terjadi.

Jika tidak meyakinkan, cobalah untuk sarapan dengan partisi besar dan kurangi porsinya secara bertahap hingga makan malam.

Pada awalnya sangat baik mungkin merepotkan. Namun, cara menjadi lebih kurus ini jauh lebih aman jika Anda dapat menyesuaikannya setelah beberapa waktu.

Jenis sumber makanan yang masuk akal untuk pola makan yang sehat

Cara paling efektif untuk menjalankan pola makan yang sehat tidak dapat dipisahkan dari makanan bergizi. Berikut ini adalah berbagai pilihan makanan yang bisa menopang rutinitas makan Anda.

1. Sayuran dan produk alami

Salah satu jenis makanan yang harus dikonsumsi dalam rutinitas makan adalah sayuran dan produk alami. Sayuran baru dan produk alami harus dimakan bersama dengan sumber makanan pokok lainnya untuk mendapatkan nutrisi yang layak.

Tak hanya itu, pola makan yang kaya akan kedua sumber makanan ini bisa mengurangi risiko penyakit kronis lainnya. Bagaimana tidak, makanan yang tumbuh dari tanah mengandung suplemen yang dibutuhkan tubuh, seperti nutrisi, mineral, dan serat.

Ada juga jenis makanan yang tumbuh dari tanah yang berguna untuk menurunkan berat badan antara lain:

  • apel,
  • pisang,
  • keluarga berry seperti blueberry atau anggur,
  • wortel,
  • brokoli, atau
  • paprika.

2. Seluruh biji-bijian

Seluruh gandum adalah sumber karbohidrat membingungkan yang mengandung serat yang berguna bagi tubuh. Biji-bijian yang satu ini mengandung berbagai nutrisi dan mineral penting yang juga membantu tubuh merasa kenyang dan menjaga berat badan.

Beberapa ahli diet menyarankan untuk mengingat biji-bijian untuk rutinitas makan dari rejimen makan padat yang sedang dijalani. Ini karena sumber serat ini kaya akan nutrisi B9 (folat), zat besi, potasium, dan magnesium.

Selain membuat perut terasa lebih kenyang, Anda juga mendapatkan nutrisi lengkap dari biji-bijian. Beberapa jenis sumber makanan yang mengandung biji-bijian antara lain:

  • nasi berwarna tanah,
  • soba,
  • gandum (sereal),
  • popcorn, dan
  • roti gandum utuh atau pasta.

3. Protein rendah lemak

Ingat, protein juga merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh, terutama dalam cara menjalani pola makan padat. Namun, banyak protein, terutama yang tinggi lemak, dapat merusak kesehatan, termasuk berat badan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, mengurangi asupan lemak absolut hingga di bawah 30% mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Dengan cara ini, pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini adalah mengonsumsi protein rendah lemak, misalnya,

  1. ikan,
  2. daging putih,
  3. telur atau putih telur,
  4. Tahu,
  5. sayuran, dan
  6. susu rendah lemak dan produk susu.

4. Batasi gula dan garam

Diet biasanya tidak akan berhasil tanpa mengurangi asupan gula, garam, dan minyak. Membatasi ketiga bagian ini dipandang sebagai metode yang berhasil untuk menjalani rejimen makan. Varietas makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak biasanya tinggi kalori.

Artinya, ketiga hal tersebut tidak bermanfaat bagi kesejahteraan. Pasalnya, sumber makanan berlemak bisa memicu kenaikan berat badan yang luar biasa dan bahaya berbagai penyakit.

Kementerian Kesehatan RI menyarankan pembatasan bagian gula, garam, dan lemak melalui pedoman G4G1L5, yaitu:

  • 4 sendok makan gula setiap hari,
  • 1 sendok teh garam setiap hari, dan
  • 5 sendok makan lemak setiap hari.

Anda juga dapat mengganti gula pasir atau gula halus dengan gula rendah kalori. Hal ini bertujuan untuk mengontrol kadar glukosa agar tidak melonjak tiba-tiba.

5. Camilan rendah kalori

Terlepas dari kenyataan bahwa Anda sedang dalam rencana nutrisi yang cermat, itu tidak berarti itu dilarang untuk menggigit. Bagaimanapun, Anda dianjurkan untuk memilih makanan ringan yang sehat untuk rutinitas makan Anda dengan kandungan kalori dan gula yang rendah.

Oleh karena itu, periksa secara konsisten data manfaat sehat yang tercatat pada paket gigitan sebelum membeli. Perhatikan baik-baik kandungan gula, lemak, dan kalori dalam berita gembira tersebut.

Ada juga pilihan camilan rendah kalori yang dapat Anda bakar di tengah pola makan Anda, termasuk:

  • keripik kelapa,
  • telur berbuih keras,
  • produk alami, seperti apel,
  • Yoghurt Yunani dan beri,
  • jus produk alami,
  • smoothie kaya protein,
  • edamame, dan
  • sumber makanan rendah kalori lainnya. .

Pada dasarnya, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam mencari pola makan padat seperti berat badan, BMI, dan kondisi setiap individu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.